Search This Blog

Loading...

Monday, August 15, 2005

Berkendara Aman Dengan Anak Anda

Dari: [Ida-Krisna Show] Berkendara Aman Dengan Anak Anda
Seringkali kita dihadapkan pilihan yang mengkhawatirkan, jika kita harus bepergian dengan mengajak anak yang masih bayi atau balita. Untuk memastikan anak anda selamat ketika ikut berkendara, kita memasang child safety seat, tapi ternyata jok untuk balita sendiri belum bisa menjamin keselematan anak anda. Hal itu karena cara pemasangannya yang salah, baik menggunakan safety seat maupun hanya sabuk pengaman. Sebelum mobil berjalan pastikan sang anak terlebih dahulu duduk di kursi agar Anda yakin sudah pas dengan posturnya.

Tanda atau label instruksi pada kursi anak, sebaiknya utuh. Label ini juga bisa menjadi indikator bahwa piranti ini masih laik pakai. Hindari memakai kursi yang sudah lama/bekas. Apalagi kursi yang pernah terpasang pada mobil yang pernah terlibat kecelakaan. Manual Book kendaraan penting disimak, khususnya instruksi yang berhubungan dengan penggunaan kursi keselamatan anak. Berikut beberapa tips yang penting jika anda berkendara dengan balita :


Berkendara dengan Bayi ( + < 1 th)

- Jangan pernah menghadapkan bayi ke bagian depan kendaraan. Karena bila terjadi tabrakan atau mobil berhenti mendadak, bisa membuat leher bayi cedera.

- Bayi tidak diperkenankan duduk di kursi depan mobil yang memiliki kantung udara, karena bila terjadi kecelakaan, kantung udara bisa menghantam kursi lalu melukai bahkan bayi bisa saja terbunuh.

- Jangan memangku bayi saat berkendara, karena jika terjadi tabrakan atau mobil berhenti secara mendadak bisa melukai bayi bahkan bisa mengakibatkan kematian. Apabila usia anak kurang dari 1 tahun tapi beratnya lebih dari 10 kg, pastikan kursi yang laik untuk bobot bayi yang sesuai. Selain itu posisinya tetap menghadap ke belakang.

Berkendara dengan Anak Kecil (1-5) th
- Untuk anak kecil dengan bobot lebih dari 10 kg kurang dari 20 kg kira-kira berumur 1 th harus menghadap ke bagian depan kendaraan.
- Anak dengan bobot lebih dari 20 kg sebaiknya menggunakan booster seat hingga sabuk duduk dan bahu pas untuk mereka. Sabuk lingkar harus disesuaikan ketinggian pinggul dan melingkar rapih. Sementara yang menyilang di bahu serta yang melintang di atas pangkuan, tidak boleh melintang di wajah atau leher mereka.
- Jangan menempatkan sabuk bahu di belakang punggung atau di bawah lengan mereka.
sumber: oto.co.id

Hangtuah Digital Library

No comments: