Search This Blog

Loading...

Wednesday, August 24, 2005

Baca dan Dongeng


AKU punya banyak buku di rumah. Paling banyak adalah buku mewarnai. Ada buku Spongebob, Dora, juga dari Bobo. Maklum, karena mommy kerja di TV-7, kalo beli buku di Gramedia, dapat diskon. Lumayan, sampe 30%.

Aku juga punya buku cerita. Di antaranya, ‘’Kumpulan Dongeng Anak dari Berbagai Negara’’. Juga ada buku ‘’Ensiklopedia Binatang untuk Anak-anak’’. Kadang-kadang mommy dan ayah membacakan dongeng untukku, kalo aku mau tidur. Tapi kadang-kadang mereka pulang sampe rumah sudah malam. Mommy dan ayah sudah capek. Nggak sempat ndongeng untukku. Jangan gitu dong!

Di situs www.kak-seto.com, ada beberapa tulisan mengenai manfaat membaca untuk anak-anak, berarti termasuk aku. Dengan didongengkan, berarti aku dilatih untuk gemar membaca. Nih, saya kutipkan di sini tulisa dari situsnya kak-seto.com.

Gemar Membaca
Buku adalah jendela pengetahuan. Dengan membaca buku, kita dapat menyerap banyak informasi, dapat berkelana ke berbagai negara, bahkan ke dunia dongeng sekalipun. Pendeknya, dengan membaca, wawasan pengetahuan kita akan semakin luas. Namun, sayangnya tidak semua anak gemar membaca. Nah, bagaimana caranya membuat anak kita gemar membaca?

Kenalkan buku sejak dini
Buku cerita yang cocok untuk balita adalah yang memiliki banyak gambar dengan tulisan yang sedikit. Gambar yang berwarna akan lebih menarik daripada gambar yang hitam putih. Biarkan anak memilih sendiri buku yang ingin dibacanya, sehingga ia lebih antusias dalam membaca.


Bacakan buku cerita dengan menarik
Dalam membaca cerita, usahakan sehidup mungkin sehingga anak dapat merasa seolah-olah berada di dalam cerita tersebut. Atur nada suara dan bumbui dengan gerakan-gerakan tubuh yang berekspresi untuk membangun suasana yang hidup. Bahkan bayi pun dapat menikmati buku yang dibacakan, yaitu dari irama suara dan kehangatan tubuh pembaca yang memangkunya.

Model orang tua
Orang tua harus menjadi contoh yang baik. Bila orang tua gemar membaca, menyediakan bacaan yang memadai dan mengatur suasana rumah yang mendukung untuk membaca, maka niscaya anak akan ikut gemar membaca.

Jelas kan Ayah, mommy? jadi, ndongeng terus dong untukku....

No comments: