Search This Blog

Loading...

Wednesday, October 12, 2005

Kalau Anak Gemuk


BERAPA banyak makanan yang pas untuk anak kita? Apa saja jenis makanannya?
Ini pertanyaan yang selalu menjadi pikiran orang tua, dari masa ke masa. Termasuk dalam acara bincang-bincang bersama Ida Arimurti dan Krisna Purwana, di Radio Delta FM, setiap pagi, dari Senin sampai Jumat.

Tema yang saya siarkan di blogger ini mengenai menu untuk anak, yang disiarkan pada Rabu 28 September 2005. Kalau Anda ingin bergabung dengan milis ini, silakan daftar ke idakrisnashow@yahoogroups.com. Nara sumbernya adalah dr. Wati, spesialis anak. Nama acaranya: Delta Medika.

2005-09-28 08:59:55
0816824xxx
Jakarta
T: Dok anak saya makannya mau banyak2 terus bagaimana cara remnya anak saya 4th beratnya sudah 28kg kalo dilarang ngamuk dq hendrick serpong
J: Perkecillah porsi makan. Sajikan makanan sehat yang tidak berlemak, berikan camilan buah dan sayuran. Hindari minuman dengan kadar gula tinggi (minuman kaleng, soft drinks), hadiah dalam bentuk makanan, makan sambil menonton TV atau bermain. Buat jadwal olahraga rutin sekeluarga. Lakukan secara bertahap. Dan yang terpenting tunjukkan cinta kasih anda padanya seutuhnya.

2005-09-28 08:57:53
081317789xxx
Jakarta
T:Dok ,skrng lg flu burung.anak sy mau jalan2 ketmii kira2 bahaya engga krn disana ada taman burung makasih dr bu iin cibubur
J: Waspada boleh tapi jangan panik. Penularan penyakit ini dari unggas ke manusia terjadi bila ada kontak langsung dengan unggas yang terinfeksi. Dapat melalui sekret/lendirnya atau tinjanya. Coba tanyakan pada petugas disana adakah unggas yang terinfeksi.

2005-09-28 08:57:10
081511009xxx
Jakarta
T:Dok, kalau anak kecil BAB nya 3 hari 1 x bgmn?
J: Lihat konsistensi tinjanya. Jika keras, kering, tenggelam dalam air, dan sulit dikeluarkan ia mungkin menderita sembelit/konstipasi. Beri ia makanan berserat (buah, sayur) dan beri cukup minum.

2005-09-28 08:56:44
08179054xxx
Jakarta
DR. Asraf
T:Ada anak 'punya'kbiasan,hbs makan knyang,muntah,..kenyang muntah..tp tuh anak lama2 gemuk jg,. Muntahnya, kucing doyan bngt tuh,.mubazir deh.tp mkn gmpng.Yasqi
J: Ia mungkin saja mengalami refluks karena lemahnya otot di mulut lambung sehingga isi lambung balik ke kerongkongan. Dapat pula karena banyaknya udara yang ikut masuk dalam proses makan atau kelainan ringan anatomi lambung. Adakah gejala lain seperti sakit perut, kuning, gangguan BAB, gambaran muntah (warna, menyemprot atau tidak)yang mengarah pada penyakit-penyakit tertentu. Berikan porsi makan secukupnya jangan berlebih sehingga lambungnya terlalu penuh dan pastikan ia dalam posisi duduk tegak saat makan.

2005-09-28 08:56:33
08161383xxx
Jakarta
T:Pagi dokter,saya,indri,anak saya umur 9,5 bln,agak susah kalo makan bubur tim yg saya blender kasar,tapi kalau makan bubur susu dia lebih suka,rasa bubur tim berasa asin krn saya beri keju,apa anak saya cenderung suka rasa manis krn bubur susu lebih manis,bagaimana saya mengatasinya?terima kasih dokter.
J: Perkenalkan bayi/anak dengan berbagai macam rasa untuk memperkaya pengecapannya. Amati reaksinya apakah ia menyukai atau tidak. Bila ia tidak suka jangan dipaksakan dan cobalah lagi lain waktu. Ibu juga harus mengeksplorasi jenis makanan apa saja yang disukai anak dan kreatif membuat variasinya.

2005-09-28 08:56:19
08129900xxx
Jakarta
T:Bagaimana agar anak tidak tidak jajan makanan yg banyak pengawet dan
penyedap, sedang dirumah banyak cemilan.
J:Sajikan di rumah camilan sehat dalam bentuk menarik. Misal sate buah, jus buah dalam gelas lucu, yoghurt, pisang coklat leleh. Jadi Ibu harus kreatif menciptakan variasi camilan anak.

2005-09-28 08:54:12
0811836xxx
Jakarta
T:Niang, 27, bogor, anak saya 4 bln, makanan apa yg cocok selain pisang
J: Gizi bayi sampai usia 4-6 tahun sebenarnya 100% dapat tercukupi dari ASI saja tanpa perlu tambahan lain. Sesudah usia tersebut barulah dapat diberikan makanan tambahan berupa sereal beras, tepung jagung, tepung gandum, daging, buah dan sayur dari konsistensi cair sampai kental secara bertahap.

2005-09-28 08:53:50
0816758xxx
Jakarta
T:Hai dokterku yg cantik.Berapa sih kalori yg diperlukan seorang anak usia 2-3 thn? Asupan dr susu maksimum brp banyak dok? Nai
J:Sekitar 1250-1500 kkal atau 100-200 kkal/kg berat badan. Dianjurkan pemberian susu 500 ml/hari.


2005-09-28 08:53:34
0816922xxx
Jakarta
T:Dr Wati dan Mba Dian gimana kalau anak makan susah diganti susu aja bagus ngga. Nunik
J: Tidak semua nutrien dan energi yang dibutuhkan terpenuhi dari susu saja. Jadi makanan anak hendaknya majemuk. Eksplorasi makanan yang disukai dan tidak disukainya. Kemudian buatlah variasi makanan dengan menerapkan konsep piramida makanan.

2005-09-28 08:52:53
02192657xxx
Jakarta
T:Saya mau tanya apakah anak saya yg br lahir boleh minum susu formula sbgai menu utama mengingat asi tdk banyak. Klau tdk bgtu anak rewel. Trims. Andi.
J:Usahakan memberikan ASI eksklusif (ASI "tok" tanpa tambahan apapun selama 6 bulan)karena belum ada susu formula yang lebih unggul dan menguntungkan dibanding ASI. Prinsipnya adalah teknik yang tepat, susui kapanpun bayi ingin,dan ibu harus PD. Seperti prinsip pasar, ada permintaan ada barang, begitu pula ASI, makin sering bayi menyusui maka produksinya semakin bertambah menyesuaikan dengan permintaan bayi.

2005-09-28 08:51:14
08159966xxx
Jakarta
T:Anak sy memang mau makan tapi kelamaan diemut. Selain itu krn gerahamnya berlubang. Bgm mkanan yg pas? Son cilandak.
J: berikan makan dengan penyajian yang menarik dan disukai sehingga ia bergairah menyantapnya. Pastikan ia makan sesuai jadwal, dalam posisi duduk dan jangan sambil menonton TV atau bermain. Gigi geraham yang bolong juga harus ditangani karena dapat mempengaruhi proses mengunyah selain sebagai tempat masuk infeksi.

2005-09-28 08:49:11
085217007xxx
Jakarta
P:Mohon maaf lahir batin,selamat menjalankan ibadah puasa 1426 H,semoga ibadah kita diterima Allah swt, amin. Bambang M dan kel
J:Ya, sama-sama. Mohon maaf juga bila ada kata-kata atau perbuatan yang tidak berkenan. Semoga Allah meridhai dan memberikan ampunan-Nya.


2005-09-28 08:45:18
08159104xxx
Jakarta
T:Anak sy 1th 9bl msh ngedot. Sy sdh coba bnyk cr u/ stop, dr diksh air brotowali di dot smp sy gunting dotnya, tp dia tetap enjoy. Adakah cr yg efektif? -monica-
J: Anak sesusia anak ibu itu sebenarnya sudah bisa kita kasih tahu. Coba ibu bilang kepada anak ibu tentang kerugian ngedot. Terlalu lama ngedot bisa merusak bentuk rahang, jadi bertambah maju sehingga gigi akan tampak lebih maju kedepan (tonggos) sehingga merusak tampang kita. Ngedot terutama bila dilakukan sambil anaknya tidur dapat menimbulkan gigi berlubang serta infeksi telinga tengah. Jadi ibu bisa bilang keanak ibu bahwa negdot itu bisa membuat kita jadi jelek dan sakit, dan sakit itu rasanya tidak enak. Lalu coba sembunyikan dotnya dari penglihatan anak ibu. Bila ia mulai mencarinya katakan padanya bahwa sudah waktunya dot itu tidak dipakai lagi, karena anak ibu sudah besar dan pintar sehingga tidak perlu pakai dot lagi. Bila ia masih meinta, coba alihkan perhatiannya dengan mengajak bermain permainan yang kreatif, selain itu beri dia makanan atau minuman yang dapat ia makan sendiri tanpa dibantu oang lain. Ingat makan atau minumnya harus di depan meja makan.

2005-09-28 08:42:45
02170700xxx
Jakarta
T:Anak saya susah mengunyah makanan,akhirnya supaya makanan itu hbs saya buburkan saja, sy takut dia kurang gizi. ibu walda
J: Ibu, anaknya umur berapa? Sudah punya gigi lengkap atau belum? Di atas usia 9 bulan makanan memang harus mulai kasar dan di usia 1 tahun anakmu harus mengkonsumsi makanan sama dengan kita hanya agak lembek dulu ... bertahap sama. Kalau boleh usul, buburnya camour dengan yang kasar ... makan harus padat dan anak harus latihan mengunyah ,... kalau tidak gusinya tidak berkembang dan tidak kuat. Makanan yang terlalu halus selain nilai gizinya berkurang, anak juga akan malas mengunyah. Selain itu rasa makanan akan kurang enak. Coba ibu beri makan, misalnya nasi dengan kuah sayur sehingga tidak seret rasanya dan anak akan lebih mudah dikunyah. Boleh juga berikan kentang keju yang direbus kemudian dihancurkan kasar.

2005-09-28 08:37:22
02130257xxx
Jakarta
T:Anak saya 2 th ka lo makan di emut sp lama.Bgm cara mengatasinya? Bu sri di jakarta
J: Biasakan anak makan dengan sikap makan yang baik. Anak makan didepan meja makan layaknya anggota keluarga lainnya. Jangan diberi mainan ketika dia makan atau makan sambil bermain dengan teman-temannya, atau sambil nonton TV, atau dambil diajak keliling rumah. Hal ini akan membuat perhatian anak akan terpecah, sehingga dia akan mendiamkan makanannya di dalam mulut lebih lama dan lupa untuk mengunyah. Selain itu coba perhatikan tekstur makanannya apakah terlalu keras atau tidak untuknya, bila terlalu keras dapat diperlembut teksturnya. Mungkin juga rasanya atau jenis makanannya kurang disuka oleh anak, coba cari makanan yang sesuai dengan seleranya namun tetap sehat dan bergizi. Yang penting jika anak makan dikemut, jangan dimarahi atau ditakut-takuti. Sabar dan katakan baik-baik bahwa mengemut makanan itu tidak baik nanti bisa merusak giginya. Anak sangat cerdas .. kalau kita konsisten ia pun akan ”patuh”.

2005-09-28 08:34:51
081311282xxx
Jakarta
T: Pg idakrisna, sy lgs ke dr. Wati, anak sy kembr lhr dgn bb rendah 1070 n 1040, saat ini 1 thn bb 7.8 n 7.2, makan bubur tim, buah, puding. Bgmn perkembgn dilht dr bbx. Saat ini sy beri susu yg berisi makanan cair apa perlu di combine dgn susu pertmbuhan. Trimakasih.
J: Untuk anak yang lahir dengan berat badan rendah seperti anak ibu, beratnya sudah mencukupi kok. Tapi untuk ukuran anak normal beratnya agak kurang. Pola makan saat ini sudah baik. Apabila anak sudah diberi susu, maka tidak perlu diberi makanan cair. Makanan harus padat ... makanan cair hanya untuk anak sakit misalnya pasca operasi potong usus. Susunya juga bisa susu UHT biasa kok

2005-09-28 08:34:37
081310649xxx
Jakarta
T: Dok, anak kami akhir2 ini susah minum asi,kdg harus sedikit dipaksa. Umurnya 4 bln, kami mau dia minum asi ekslusif. Apa yg hrs kami lakukan? Terima kasih.
J: Pemberian ASI eklusif itu memang sampai usia 6 bulan, karena zat-zat nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi masih terdapat pada ASI. Coba terus ASInya ya ... jangan berikan apapun selain ASI sampai anak berusia 6 bulan. Memberikan makanan/minuman lain selain ASI sebelum bayi berusia 6 bulan .. lebih banyak kerugiannya ketimbang manfaatnya. Kita juga memicu munculnya reaksi alergi lhoo. Coba saja teruskan ASInya ya

2005-09-28 08:33:29
08129167xxx
Jakarta
T:Lisa pancoran-dokter boleh tanya gk anak saya bukan batita, tp usia 20 dan 16. Apakah susu non fat high calc baik di konsumsi se usia itu. Trims
J: Selama masih masa pertumbuhan (laki-laki sampai usia 21 thn, perempuan sampai 18 tahun), calsium diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Susu rendah lemak lebih baik ... karena kebutuhan kita akan lemak amat sangat sedikit ... Jangan lupa anak ibu juga dibiasakan untuk olah raga, karena kalsium saja tanpa olah raga juga akan kurang efektif.

2005-09-28 08:30:18
0816978xxx
Jakarta
T: Dulu anak saya mudah sekali makan tapi sejak umur 1 tahun sulit sekali meskipun sudah divariasi makanannya, sehingga kalau malam jadi suka rewel. Tapi setelah saya beri pediasure tdk rewel lagi disamping tetap dicoba makanan pokok,biskuit, juice buah dan susu. Apakah cukup demikian ? Selvi citra indah.
J: Jangan pernah menyerah untuk memberi makan pada anak. Coba cari tahu satu persatu jenis makanan yang disukainya. Baru setelah itu makanan yang disukai tersebut divariasikan. Bila malam hari dia rewel dan baru tenang bila diberi pediasure kemungkinan besar anak ibu lapar karena makanan yang dia dapat pada siang hari tidak mencukupi. Pediasure boleh diberikan tapi tidak sebagai makanan utama. Anak seusia ibu harusnya sudah mendapatkan makanan dengan tekstur yang sama dengan makanan anggota keluarga lainnya, karena alat cernanya sudah siap. Bila pediasure terus yang diberikan tanpa disertai makanan padat, lama kelamaan alat cernanya jadi malas mencerna makanan padat, ini akan menimbulkan masalah apabila seiring dengan pertambahan usia anak ibu mulai menyukai makanan padat, alat cernanya jadi tidak siap untuk mencerna, dan timbul gangguan pencernaan.


2005-09-28 08:26:44
08161605xxx
Jakarta
T: Anak sy 2,3 thn suka semua syr & buah tp beratnya 16 kg. bgmana cara mengerem brt badannya?(ayu pamulang)
J: Mulai sekarang kurangi camilan kecuali cemilan sehat. Jangan pernah mengiming-imingi anak dengan coklat, chicki, atau permen bila ia berhasil melakukan sesuatu. Anak diberi makan sesuai jadwal 3 kali sehari. Batasi pemberian susu tidak melibihi 500 cc/ hari. Bila anak diberikan makanan produk susu yang lain, maka jumlah susu yang diberikan dikurangi. Dari kecil anak pun mulai diajak untuk mulai aktif. Misalnya untuk selalu mengambil atau mengerjakan sesuatu (sesuai dengan usianya) sendiri tanpa dibantu. Jalan kaki sekitar rumah, beri mainan menyusun balok.
2005-09-28 08:23:45
081314296xxx
Jakarta
T: Rani,28,rangkasbtg.Apa btl prtama kali dkas√ɬh MPASI lbh baik berikan sayur (tawar) drpada buah (manis) biar gak menolak wkt diberi sayur kemudian (krn sdh keenakan dg buah)?
J: Bila anak mulai dikenalkan dengan MPASI pemberian buah dan sayuran biasanya berbarengan. Akan tetapi ada pula ahli yang menyarankan untuk memperkenalkan buah setelah sayuran. Tapi hal ini bukan dikarenakan rasanya, tapi lebih karena kesiapan alat cerna anak ibu untuk mencerna buah-buahan tersebut.

2005-09-28 08:22:12
08157150xxx
Jakarta
T: Sy sdg hamil muda,kmrn tjd pndrhn.skrg sdg bedrest.pola mkn spt apa agr thindar dr morning sickness?slm ini pola mkn sy turun,bgmn agar si janin tt sehat.trims.
J: Ibu hamil harus banyak makan karena kalori yang dibutuhkan harus dibagi untuk sang jabang bayi. Untuk mengurangi mual, pagi hari dibiasakan untuk makan nasi atau roti, kemudian baru di isi susu atau buah. Jangan pernah biarkan perut kosong karena akan menambah rasa mual.jangan lupa untuk tetap makan sayur-sayuran. Kurangi makanan pedas dan asam, karena walaupun nikmat bisa menambah rasa mual. Selingi antara dua waktu makan dengan biskuit atau kue

2005-09-28 08:20:08
081535215xxx
Jakarta
T: Sy masril 58 th prnah dsruh dr utk kateterisasi sy blm lakukan, krg biaya. Gimna pola mkn & pola hidup yg benar? Tks
J: Makan yang benar adalah kalori seimbang dengan perbandingan karbohidrat, protein, dan lemak yang seimbang. Jangan lupa buah dan sayur-sayuran. Pola hidup yang benar berolah raga teratur dan rutin minimal 30 menit sehari 2 kali seminggu, mengurangi stress, tidur cukup, tidak merokok, makan dan minum teratur dan yang menyehatkan (no alcohol, not too much sugar and fat)

2005-09-28 08:16:49
08128657xxx
Jakarta
T: Met pagi, sy i.Diana, jkt. Bayi sy 6 bln, ASI sy koq tdk spt seputih awal2 bln agak bening. Selama ini ASI ekslusif smp skrg. Dan sdg dicoba makanan tambahan. Pertanyaan sy apakah ASI tsb msh berkualitas ? Apa tandanya ASI yg sdh sehrsnya diganti susu formula sementara ASI tetap ada ? Maksh Dokter.
J: ASI selalu baik, jangan cemas soal kebeningan dll. ASI akan menyesuaikan umur anak ... oleh karena itu selalu sesuai dengan kebutuhan anak. ASI dari ibu yang bayinya prematur agak berbeda dari ASI yang bayinya cukup bulan. Itulah kebesaran Tuhan.
Di atas usia 6 bulan, ASI tidak lagi mencukupi kebutuhan bayi. bayi butuh makanan tambahan.

2005-09-28 08:16:02
081317183xxx
Jakarta
T: PUTRA KAMI YG 2
LAKI-LAKI 4 TH USIANYA SAMA SEKALI TDK MENGKOMSUSI NASIH SUSA....H IA
HANYA MINUM SUSU CAIR KALENG BISKUIT KADANG MIE INSTAN IBU AISYAH DI
BOGR
J: Bila anak tidak suka nasi putih, coba buat dalam bentuk lontong atau nasi goreng. Bila tidak suka sama sekali, dapat diganti dengan roti, sereal, ubi, atau kentang. Mi juga boleh diberikan tapi jangan mie instan, mie buatan sendiri. Coba modifikasi menjadi makanan yang sehat. Jangan lupa untuk memberikan sayur, lauk pauk (ikan, daging, tahu, tempe), dan buah-buahan.

2005-09-28 08:15:36
0811149xxx
Jakarta
T: Dr. Wati n crew delta Anak saya 1 th 8 bln. Saat ini sangat susah makan. Ada vitamin nafsu makan apa ya yg baik? Kalau ga mau makan, sikecil kita beri susu pediasure. Berapa konsumsi susu per hari sebaiknya untuk anak seumur anak saya.? Tks Daniel
J: Sampai saat ini, dalam dunia kedokteran, tidaqk ada yang namanya vitamin untuk meningkatkan nafsu makan. Banyak hal yang membuat anak tidak berselera makan. Susah makan pada anak, seringnya karena makanannya tidak sesuai selera. Coba cari yang dia selera makan. Penolakan juga bukan berati penolakan total. Tetap coba dan tetap tawari. Nah tg 12 oktober akan bincang2 soal makanan untuk bayio dan anak Anak yang tak cacat mental tak akan membiarkan dirinya kelaparan kok. Coba sediakan di piring kecil Misalnya roti, buah potong2, keju, yogurt, es krim. pudding atau kue-kue. Kebanyakan diberi susu tidak baik nanti ususnya malas cerna makanan yang lain (makanan padat yang lain). Konsumsi susu untuk anak usia tersebut tidak boleh melebihi 2-3 gelas perhari (500-750 cc). Oh ya ... makan kan tak harus nasi ya

2005-09-28 08:10:52
0818159xxx
Jakarta
T: ruly,31,cinere.anak(bb10.5kg,21bln)sy saat ini lg susah makan.hanya mau nasi dan krupuk.gimana ya menyiasatinya
J: Coba cari makanan lain dan terus coba terus sediakan, terus tawarkan, jangan putus asa ya. Coba satu-satu misalnya ayam (opor, ayam goreng), daging (bisa semur, abon, bistik), telur (telur dadar, rebus), ikan (sarden, ikan goreng), dll. Mungkin anak ibu tidak suka kalau dicampur nasi. Jadi tetap berikan nasi dan kerupuk, tapi setelah selesai makan coba diberikan makanan-makanan tadi (ngegadoin). Atau ibu bisa kasih sayur, keju, buah-buahan setelah makan nasi. Yang perlu diingat harus sabar kalau memberi makan anak.

=================================================================
"Morning greetings doesn't only mean saying 'Good Morning'.
It has silent message saying that I remember you when I wake up.
Wish you have a Great Day!" -- Ida & Krisna

Jangan lupa untuk selalu menyimak Ida Krisna Show di 99.1 DeltaFM
Senin - Jumat, pukul 06.00 - 10.00 WIB
SMS di 0818-333582

2 comments:

Linda saraswati said...

Sebenarnya ini mau sharing sekaligus promosi.krn dari pengalaman anak sy Darrell yg dinyatakan kegemukan sm Dokter..so sy terapi minum yogurt Plain ..Alhamdulillah berat badan terkontrol dan sy coba promosikan Yogurt buatan sendiri ke temen2 .. Ada rasa Strawberry, Grape, Tomato, Lychee, Soursop, Mango,Pineapple, Banana, Apple, Guava,Caramel, Mocca, Chocolate, Vanilla, NicePlain & Plain.1000cc=Rp. 20.000; 500cc= Rp.14.000,- ; 250cc=Rp.9000,-

terdapat 3 cup ukuran : 1. Cup 1000cc yang berisi yogurt 950gram ; 2. Cup 500cc yang berisi yogurt 500gram ; 3. Cup 200cc (spt Aqua gelas) yang berisi yogurt 190gram

Harga Dg Rasa :1000cc=Rp. 20.000; 500cc= Rp.14.000,- ; 250cc=Rp.9000,-
Plain=1000cc=Rp. 22.000; 500

Walidinnet said...

Memang kalau anak banyak makan serba salah juga ya kira kira. Satu sisi kasihan kalau dikurangi jatah makannya, di sisi lain ia lagi masa pertumbuhan.
Memang yang paling bagus sih harus banyak makan buah dam sayuran, untuk menghindari kegemukan. Tp buah terus mahal juga bagi sebagian orang.