Search This Blog

Loading...

Wednesday, October 24, 2007

Mejeng di depan patung

Tak lengkap rasanya bila ke New York tidak mejeng di depan patung paling kondang. Namanya patung liberty. Bersama konco-konconya, mommy jadi mrs photo. Jepret di sini, jepret di sana. Yah... namanya jadi turis.
Di foto atas tampak mommy bersama dua temannya, Indy Rahmawati dan Grace Natalie, keduanya sering tampil di layar kaca sebagai penyiar Antv. Peserta ke New York lainnya, Fenty dan Alia tidak kelihatan.
Liberty, bahasa resminya Statue of Liberty, bukan patung biasa. Ia kemudian disakralkan. Sebagaimana orang Indonesia melihat gambar burung garuda, tugu monas, atau gambar merah putih. Mereka bukan lagi sekadar warna, sekadar burung, atao sekadar tugu.
Masing-masing kemudian diterjemahkan, dibumbui berbagai cerita yang membuatnya bukan lagi sekadar binatang, sekadar warna.

Ensiklopiedia gratis, Wikipedia menulis mengenai patung liberty sebagai berikut:

Liberty Enlightening the World, lebih dikenali dengan nama Statue of Liberty atau Patung Kebebasan, adalah satu patung berukuran raksasa yang terletak di Pulau Ellis, di muara Sungai Hudson di New York, Amerika Syarikat. Patung ini dihadiahkan oleh Perancis untuk Amerika Syarikat pada akhir abad ke-19 dan merupakan suatu simbol selamat datang untuk pengunjung, imigran dan orang Amerika yang pulang ke tanah air mereka.
Patung yang diberikan pada 28 Oktober 1886 ini merupakan hadiah seratus tahun kemerdekaan Amerika Syarikat dan merupakan simbol persahabatan antara kedua-dua negara. Pemahat patung adalah Frederic Auguste Bartholdi, dan Gustave Eiffel (pereka Menara Eiffel) merancang struktur dalamannya. Patung Liberty adalah salah satu lambang AS yang paling terkenal di seluruh dunia, dan melambangkan kemerdekaan dan kebebasan.

Harap maklum kalo ''Amerika Serikat'' ditulis sebagai ''Amerika Syarikat'', karena ini memang ensiklopedia berbahasa melayu Malaysia.

No comments: