Search This Blog

Loading...

Friday, October 26, 2007

EMPAT SEKAWAN

JUNI lalu, Bude Tiwi mengantar tiga puterinya ke Yogya. Ketiganya, Kak Fita--di foto pake kaca mata, Kak Shifa, ini yang pake kaos hitam, dan Kak Shila, yang paling kecil, ke Yogya untuk sekolah. Mereka mengikuti orangtuanya, yaitu Pakde Rusdi dan Bude Tiwi, yang lagi mengambil sekolah doktor. Oktober ini sekolah doktor mereka dimulai. Kita harapkan semuanya berjalan lancar.


Fita pindah dari sekolahnya di Lampung ke SMP 16 Yogyakarta. Sekolahnya terletak di bekas Rumah Sakit Mangkuwilayan, Yogyakarta. Bagi generasi sekarang, rumah sakit ini mungkin tidak dikenal, karena rumah sakit milik UGM kini hanya terpusat di RSUP Dr. Sardjito. Dulu, rumah sakit UGM tersebar di beberapa tempat. Ada di Pugeran (untuk umum), Mangkuyudan (untuk kebidanan), Mangkuwilayan (kulit, kelamin, dan THT). Laboratoriumnya di sebuah ndalem, di Pasar Ngasem ke barat.
Kini, rumah sakitnya sudah dikumpulkan jadi satu. Kalau tidak salah, itu sejak pertengahan 1970-an, sekitar 1975. Karena saya ingat, ketika masih SD di kelas 5, saya sempat periksa di RS Mangkuwilayan.
Kini, rumah sakit Mangkuwilayan itu menjadi SMP 16. Bekas rumah sakit Pugeran menjadi SMA 7. Sedang laboratorium di Ngasem ke Barat itu menjadi SMA Mataram. Adapun SMP 16 mempunyai sedikit hubungan historis dengan keluarga. Karena, Eyang Siti Asiyam pernah menjadi kepala sekolah di situ.
Darrel sangat senang kalo kakak-kakaknya datang. Dia punya kesempatan untuk memamerkan mainan barunya, keahliannya bermain game. Yang juga tak kalah penting: ada kakak yang bisa diganggu, dan tidak marah..hehehehe...
Ketika kak Shifa lagi duduk di kursi, Darrel datang. ''Oh kak Shifa...'' Langsung kak Shifa dipeluk.
Kak Shifa ketakutan, sambil berteriak-teriak.
Untung masih kecil...
Shifa kini duduk di kelas 3 SD Suryodiningratan 3 Yogyakarta. Letak sekolahnya sekitar 700 meter dari rumah Eyang Kakung dan Eyang Puteri di Suryodiningratan, Yogyakarta. Tiap hari ia ke sekolah dengan berjalan kaki. Kadang-kadang, kalo jadwalnya pas, ia mbonceng kakaknya, Kak Reza, yang kini di kelas 3 SMA 1 Yogya. Sedang kak Shila masih di TK.
Posted by Picasa

1 comment:

Anonymous said...

CERITANYA BAGUS
NUMPANG BACA GAN