Search This Blog

Loading...

Saturday, September 10, 2005

Dora & Darrel



Darrel termasuk maniak televisi. Beberapa film menjadi favoritnya. Ada Bob the Builder, Maisy, serta yang paling favorit adalah Dora The Explorer.

Sedang nangis, sedang maem, atau lagi naik sepeda, kegiatannya terhenti, bila Dora melintas di tv.
Film anak asal Spanyol ini diproduksi Nickelodeon. Di Indonesia disiarkan Lativi. Demam Dora ini bisa dilihat juga ceritanya di detik.com. Kalo baca cerita di bawah ini, pasti paham, mengapa Darrel, juga anak-anak lain seusianya, sangat suka pada Dora.


Demam Dora The Explorer
Yulia Dian - detikHot
Jakarta, Belakangan ini demam film kartun Dora The Explorer melanda anak-anak Indonesia. Film animasi lucu yang sangat interaktif ini memang sangat mendidik.

Dora The Explorer pertama kali ditayangkan oleh channel Nickelodeon di Amerika Serikat pada tahun 2000. Dan kini film animasi dapat dikonsumsi masyarakat Indonesia di stasiun televisi Lativi.

Bagi yang belum pernah nonton dan heran mengapa banyak anak Indonesia yang tertarik pasti akan bertanya, apa sih Dora The Explorer itu? Dora adalah gadis latin yang imut dengan pakaian lucu yang pergi bertualang bersama teman sejatinya yang selalu bersepatu merah bernama Boots. Selama petualangannya dia selalu membawa tas ranselnya yang bisa berbicara dan sebuah map yang bisa menyanyikan lagu-lagu lucu.

Dia juga tidak lupa membawa peralatan lainnya yang bisa berbicara. Petualangannya seperti dalam komputer dilengkapi adanya mouse di layar yang diklik untuk menentukan pilihan jalan yang akan diambilnya. Dora bertanya pada penonton dan menunggu respon dari mereka.

Dora selalu melakukan petualangan ke suatu tempat dan harus melalui berbagai rintangan. Dia selalu membawa peralatan petualangannya di ransel kesayangan pemberian orangtuanya. Ransel itu selalu memberikan solusi untuk petualangan Dora tapi tentu saja dengan bantuan penonton. Dora mengajak penonton mengatakan apa yang harus dilakukan dan Dora meminta bantuan penonton untuk mengikuti ucapannya, mengucapkan bahasa Spanyol dalam kata yang sederhana.

Dora berhasil bereksplorasi dengan alam pikir anak kecil dan membuat anak kecil yang menonton Dora seakan ikut berpetualang dengannya. Tampilan gambar dan warna pada film animasi ini juga terlihat simpel dengan pemandangan alam yang sangat natural seperti benar-benar ada di pikiran anak kecil. Ditambah dengan lagu yang unik seta gampang diingat mengajak anak-anak ikut bernyanyi.

Pada beberapa episodenya Dora mengenalkan sepupunya Diego yang bekerja sebagai penyelamat hewan dan kemudian ikut menemani Dora berpetualang. Setiap episode Dora, selalu menampilkan contoh dan melatih kemampuan untuk mengambil keputusan, mengikuti petunjuk, kemampuan berhitung, musik, koordinasi fisik dan alih bahasa Inggris dan Spanyol yang sangat interaktif. Dora mengajak penonton berbicara dan mengeluarkan pendapatnya. Ini membuat anak-anak bisa terasah kemampuannya.

Dora the Explorer masih diproduksi hingga kini. Dora dan perusahaannya mengembangkan tokoh ini dengan merilis buku berisikan Dora dan berbagai macam aksesoris Dora. Acara ini muncul di Inggris walaupun dibuat dengan susunan bahasa Spanyol membentuk sebuah karya bagi penonton muda mengenai kehidupan dan pengalaman nyata. (tis)

No comments: