Search This Blog

Loading...

Monday, July 16, 2007

Hari Pertama Sekolah

HARI ini, Senin 16 Juli 2007, Darrel sekolah beneran. Tahun lalu ia masuk Tumble Totts. Setelah itu pindah ke TPA Al Abraar. Semuanya diniatkan agar dia bisa bersosialisasi. Kalo kali ini, ia didaftarkan ke TK Embun Pagi International Islamic School, tujuannya biar sekolah bener.
Hehe.. sekolah bener. Kesannya serius amat ya?
Memang sih, ini serius. Bisa dilihat dari proses mendapatkan sekolah itu. Kami –maksudnya ayah dan mommy uni—paling tidak membandingkan ke tiga sekolah yang setara. Satu di Jl HR Rasuna Said, Jakarta. Tepatnya di Menara Rasuna. Sekolahnya bagus. Dekat dengan tempat kantor mommy. Masalahnya, terlalu jauh dari rumah.
Situasi jalanan Jakarta yang macet terus membuat kami merasa kasihan kalo Darrel sekolah di situ. Sekolahnya masuk jam 8 pagi. Berarti Darrel harus berangkat dari rumah jam 6. Jam berapa dia harus bangun? Sarapan? Pokoknya serba repot.
Kare ibu kepala sekolah di situ, dengan sekolah jauh sebetulnya menguntungkan. ‘’Bisa ngobrol dengan anak sepanjang jalan. Jadi malah menyenangkan,’’ katanya.
Sepintas bener sih. Tapi dipikir-pikir, berat juga. Memangnya mommy tiap hari harus berangkat jam 6?
Setelah itu, kami survei ke sebuah sekolah dekat rumah. Cuma 750 meter. Itu di ujung Jalan Curug Raya, tepi Kalimalang, masuk kelurahan Pondok Kelapa, Jakarta. Kalau rumah kami, masuk Bekasi. Menimbang berbagai segi, dari A sampai Z, dari mata pelajaran, dsb, kami merasa kurang srek.
Kami pun mengikuti sekolah yang ketiga. Namanya TK Embun Pagi International Islamic School. Sekitar 1,5 Kilometer dari rumah. Mau masuk kelompok bermain saja pake tes. Yang dites anak dan orangtuanya lagi. Pokoknya, ruarrr biasa…
Alhamdulillah. Darrel diterima.
Maka, sejak Senin pertengahan Juli ini, Darrel resmi bersekolah. Ia punya seragam. Punya baju, ransel.
Untuk menyekolahkan Darrel, hebohnya sudah berlangsung sejak sepekan sebelumnya. Mommy pergi ke Hero Pancoran, membeli tas spiderman. Juga tempat untuk makan. Maklum, meski hanya playgroup, tapi sekolahnya cukup lama. Dari jam 07.30 sampe jam 12.30. Lama ya?
Ahad malam, di hari menjelang Darrel masuk sekolah, ayah ke dapur. Melihat panci yang airnya mendidih.
‘’Apa ini mom?’’
‘’Oh, itu spagetti. Buat bekal Darrel besok.’’ Wah…
Jam 21, lampu kamar dimatikan. Darrel dipaksa bobok. Kalao tidak begitu, bisa-bisa ia tidur jam 24, setelah lompat-lompat dan bergulung-gulung di kasur.
Di blog ini, tampak berbagai foto Darrel menjelang ia berangkat sekolah di hari pertama, dan kegiatannya setelah ia sampe di sekolah.
Mau tahu apa yang ia lakukan di sekolah?
Ya berlarian ke sana ke mari.
Kalo kata guru di sekolah lama: Pak, putranya dinamis sekali…



14 comments:

lily.sofiana@beraucoal.co.id said...

Mas Iwan, saya lagi cari di google ttg international school, trus dpt blog nya M'Iwan ini. Kebetulan bgt saya memang lagi cari2 informasi ttg JIS & Embun Pagi. Kalau boleh tau, knp ya akhirnya M'Iwan masukin Darrel ke Embun Pagi bukan ke JIS (ini yg dimaksud dgn sekolah yg ditepi jalan raya Curug kan?) Pls sharingnya ya Mas, saya butuh referensi utk kedua sekolah tsb Thanks a lot.

Ayu said...

Salam kenal mas Iwan, saya ayu,mo sharing nih ttg embun pagi school, krn rencananya anak saya mo pindah kesitu utk TK..nya bln juli 2008 ini. Jd sy mo minta tolong infonya ttg kurang lebihnya Embun pagi School dunk mas.. Thankyu

iwan qodar himawan said...

Mbak Ayu,
Salam kenal kembali.
1. Embun Pagi cukup nyaman bagi saya yang tinggal di Permata Timur, sekitar 10 menit kalo naik motor. Sehingga anak saya tidak perlu berangkat pagi2 banget.
Cuma, kalo naik mobil, repot. Jam sekolah mulai (7.30), bareng dengan kemacetan Kalimalang. Bisa-bisa 30 menit, untuk jarak kurang dari 2 km.
2. Jumlah murid di tiap kelas tidak banyak, hanya 12 orang, diasuh dua guru pls beberapa asisten --bahasa sana ''helper''. Sehingga pengawasan cukup intensif, dan kita bisa bertelpon dg guru mengenai anak kita.
3. Bayar bulanan juga cukup terjangkau, Rp 550.000. Ini sudah termasuk semua. Uang masuknya sy lupa persisnya, kalo tdk salah Rp 7 juta plus beberapa ratus ribu.
4. Halaman bermain cukup lapang. Ada kolam renangnya juga.
5. Pendidikan agama cukup bagus. Anak saya jadi pintar berdoa. Yang penting, pelajaran disampaikan dg riang. Anak saya yg kadang2 sulit diatur, tetap senang ke sekolah. Ini berbeda dg ketika ia di sekolah lama, di sebuah TPA.
6. Kekurangan? Halaman sempit, sehingga bangunan kelas sampai lantai tiga (kalo gak salah malah lantai 4). Kadang2 saya kawatir kalo anak saya jatuh... Nggak tahu, kalo nanti sudah ada kelas 3,4, dst, kelasnya mau ditaruh di mana. Apalagi halaman yg tersisa cuma sempit, ada bengkel lagi.
7. Kalo untuk yang pendidikan SD, saya blm bisa jawab mbak. Kalo butuh info lain, pls email lagi. Trims ya.

AYU said...

Thanks ya mas atas infonya, seneng deh, cepet lagi nggak pake lama...he3...
1. u/ poin 1 sy jg tinggal di daerah kalimalang di KAPIN nya jd dgn EP deket sekali, dan sy memang dlm pilih sekolah syarat pertama ya tidak jauh dr rmh mk nya skrg anak sy nurserynya di JIS kalimalang tp U/ TK nya sy mau pindahin tidak disana lagi, dan poin 2,3,4 itu jg alasan sy mknya lirik EP, dan yg sy kagum tuh soal kebersihannya, bener2 bersih dan teratur, u/ poin ke 5 td nya mo ditanya tp dah ke jwb..
2. kalo boleh sy tau nanti darrel SD nya tetap disana atau pindah ya mas? plus alasannya ya mas...

3. kalo ada info ttg sekolah lain yg international islamic school yg dkt daerah rmh sy, sy mau dong dibagi infonya mas...
4. ini email sy mas : bithaatt@yahoo.com
Thankyu banget ya mas...

Joe said...

MAs Iwan, bisa diinformasikan no telpon Embun Pagi

IWAN QODAR HIMAWAN said...

Embun Pagi, Jl Raya Kalimalang 39 (Gd ILP Kalimalang), Jkt Timur 13440, Telp 021 860-1626, facs 021-8602025.

Bunda Ziva said...

salam kenal dari saya, Desi. btw, anak saya juga sekolah di Embun Pagi. Ziva namanya,K1-A. Dia kenal kok dengan darrel, K1-B yah?

IWAN QODAR HIMAWAN said...

mbak Desi,
salam kenal kembali. Darrel kenal baik dengan puterinya, Ziva, yang di K1A.
Berarti selama ini kita sering ketemu ya?
Trims, sudah menyempatkan membaca blog kami.
Wass.
iwan

Anonymous said...

Halo Mas Iwan,

Sampai setahun ini, bagaimana Embun Pagi menurut Mas Iwan?
Tahun ini kami akan menyekolahkan kedua anak kami (Nursery&K1) di EP dengan alasan untuk menyatukan sistem pembelajaran usia dini secara modern yg Islami dan global (berbahasa Inggris). Semoga kami tidak salah pilihan yaa...

Riska said...

Hallo Mas Iwan,
Salam kenal, sy lagi mencari2 sekolah bernuansa islam di Jakarta Selatan sebenarnya,
trus sy baca blog nya Mas Iwan, katanya ada sekolah di Menara Rasuna ? dimana yah? apakah bernuansa Islam ? kemudian no telp nya berapa ? kalau bukan bernuansa Islam jg tdk papa, mohon info nya
thanks yahh

IbuDzakyFai said...

lagi nyari JIS nyampe kesini, salam kenal ya Pak dan Ibu.

Anonymous said...

halo mas iwan..semoga gak out of date ni pertanyaannya, kl boleh tau darrel skrg SD di mana,apakah di EP lagi?aku lg galau nyari sd u/ anak. ,nominasinya EP, tiara atau kartika kodam..mohon pencerahannya:P
wassalam

Anonymous said...

Mas iwan. Bisa minta inpo SD islam di daerah curugraya tsb. Karena saya dan anak tgl di daerah dan berencana pindah le jakarta dan tinggal di sekitaran curugraya tsb
Trims

Indri said...

Mas iwan. Bisa minta inpo SD islam di daerah curugraya tsb. Karena saya dan anak tgl di daerah dan berencana pindah le jakarta dan tinggal di sekitaran curugraya tsb
Trims