Search This Blog

Thursday, January 12, 2006

Ke Singapura

 
SELAMA empat hari, dari Selasa 5 Januari - Jumat 8 Januari, saya berkunjung ke Singapura. Pengundangnya Law Hang Dean, Sekretaris I Kedutaan Besar Singapura di Jakarta. Dean, begitu ia biasa disapa, bertugas mengurusi wilayah politik. Karena itu bidang tugasnya termasuk menghubungi para wartawan. Saya salah satu yang ia hubungi.
Dean pernah berkunjung ke GATRA. Pada akhir Desember, kalo tak salah pada pekan ketiga, ia mengirim surat ke saya. Waktu itu, saya masih menjadi pemimpin redaksi. ''Mengharap kedatangan Anda untuk mengikuti Indonesian Journalist Visit Program,'' katanya. Yang diharapkan hadir adalah para senioren di berbagai media.
Semula saya berharap Made Suarjana yang berangkat, karena saya habis pergi ke Kuala Lumpur. Tapi ia keberatan, sehingga akhirnya saya sendiri yang melawat.
Pengundang acara itu sebetulnya Ministry for Information, Communication, and Art. Tapi Departemen Luar Negeri Singapura yang menjadi pelaksana.
Di Singapura, saya berkunjung ke banyak tempat. Mulai dari ke Departemen Luar Negeri, Menteri Kesehatan, Menteri Perindustrian, Agriculture and Veterinary Authority, hingga ke Majelis Ugama Islam Singapura. Semuanya menarik, dan mengesankan. Tiap kali berkunjung ke berbagai tempat itu, saya dikesankan pada efektivitas dan efisiensi masing-masing lembaga. Luar biasa. Orangnya sedikit, tapi kerjanya banyak.
Saya sertakan di sini foto saya sehabis berkunjung ke Majelis Ugama. Kisah kunjungan saya, insya Allah, saya nukilkan dengan rinci dalam kisah-kisah yang terpisah. Posted by Picasa

No comments: