Search This Blog

Loading...

Sunday, July 14, 2013

AKHIRNYA MEDICAL CHECK-UP JUGAK!

Diary Ramadan 2013 Day-1 AKHIRNYA MEDICAL CHECK-UP JUGAK! “Ibu harus kurangi gorengan ya. Olahraga rutin sudah bagus. Nanti konsultasi lanjutan soal tiroidnya ke Prof. Muchlis ya. Gula darah puasanya di atas normal, tapi nggak banyak. Dua minggu lalu cek gula darah yaa. Lainnya sih lumayan bagus, Bu. Oh, iya karang gigi perlu dibersihkan. Ini di ginjal ada pasir-pasir kecil..kurang minum air putih niih...” Daaan, masih panjang lagi catatan yang disampaikan oleh Bu Dokter yang saya temui di Unit Medical Check-Up salah satu rumah sakit swasta di Jakarta ini. Hiks..Tapi, alhamdulillah, tidak ada yang sangaaaat serius. Hm...ada sih...kemu ngkinan besar tiroid saya harus dioperasi karena ada massa padat yang membesar. Di punggung juga ada indikasi pengapuran. Tinggi badan saya ternyata 168 cm sajah!!! Menciut?? Selama ini tahunya sih 172 cm. Hm..
Ini hari Selasa, 9 Juli 2013. Hari pertama saya, suami dan anak berpuasa. Sejak dulu kami selalu mengikuti jadwal puasa dan lebarannya Muhamadiyah? Kenapa? Ya nggak apa-apa. Nggak perlu dibahas di tulisan ini yaa;-). Sesudah mengecek run down berita untuk Topik Siang, saya sempatkan mengambil hasil medical check up (MCU) yang saya lakukan seminggu sebelumnya. Iyess!!! Seumur hidup baru kali ini saya melakukan MCU secara lengkap. Komprehensif. Lho kog bisa?? Iya, karena selama ini merasa sehat-sehat aja sih. Sakitnya paling pusing, demam, batuk-batuk. Tujuh tahun bekerja di ANTV padahal saya dapat fasilitas MCU. Ini juga nggak pernah saya gunakan. Baru keinget ketika diingatkan teman HRD yang mengantar saya ke rumah sakit dua bulan lalu saat saya tiba-tiba tumbang di tengah acara workshop dan harus dibawa ke IGD #hadeh. Bulan-bulan belakangan saya memang sering merasa mudah lelah. Bagian pundak dan punggung sakit. Kepala sering pusing –tadinya mikir karena ukuran lensa kacamata berubah. Frekuensi perjalanan ke luar kota juga lumayan sih. Juni lalu saya ke Israel dan ke Australia. Lalu ke Pekanbaru. Sebelumnya, Mei kami sekeluarga ikut roadtrip dengan rombongan jip Thread Light Society ke Pacitan. Perjalanan Jakarta-Yogya kami tempuh 24 jam karena macet!! Daaan, mungkin juga ini akumulasi dari tingginya kesibukan saya sebagai anggota Dewan Pers 2010-2013 yang berakhir Maret tahun ini. Selama tiga tahun, nyaris tiap pekan saya ke daerah untuk pelatihan, seminar, diskusi, pendataan dan sebagainya. Karena tak ingin terlalu memakan waktu urusan pekerjaan kantor, hampir selalu saya berangkat dengan pesawat paling pagi, alias nyaris nggak tidur semalaman, dan pulang hari yang sama. Capeeekkk..bouw. Nggak nyesel karena pengalamannya juga tak ternilai, mengenal langsung kehidupan teman-teman media di daerah. Sekalian kulineran #Ups:p
Jadi, setelah bekerja dengan ritme tinggi selama 22 tahun, akhirnya saya MCU jugak! Bukannya saya nggak pernah periksa darah, urine dan sejenisnya. Itu sih beberapa kali. Saat proses kehamilan Darrel dan sebelumnya, saya menjalani pemeriksaan kesehatan lengkap juga. Juga saat menjalani operasi pengangkatan kista. Tapi ya itu, menjalani MCU lengkap belum pernah. Yang pake treadmill segala itu lhoh. Kalau treadmill di fitness club sih tiga kali seminggu. Tapi kan beda;-). Saya mengambil MCU paket lengkap. Saking lengkapnya sampai capek juga lho, seharian di RS pindah dari satu dokter spesialis ke spesialis lainnya. Mulai dari dokter penyalit dalam dokter gigi, spesialis mata, dokter bedah dan spesialis tumor, dokter kandungan, dokter THT dan pemeriksaan rekam jantung, USG dan sebagainya. Yang selama ini saya alami sama kayak tulisan seorang dokter di bawah ini. Banyak diantara kita yang baru periksa ke dokter atau cek kesehatan kalau merasa sakit beneran. Padahal yang terbaik adalah cek kesehatan minimal setahun sekali untuk mendeteksi potensi penyakit dan kelainan dalam tubuh. Baca niiih: The Importance of Annual Medical Check-Ups By Dr Carlos Perez Date posted: September 3, 2012 E-mail Carlos Perez, M.D., Family Medicine Some people think that feeling well is reason enough to forget to visit their doctor. In fact, many of them wait until they feel sick to consider the possibility of seeking medical help. The experts, however, believe that the best way to fight disease is detecting it as early as possible, even before feeling any symptoms.
According to the Center for Disease Control, “Regular health exams and tests can help find problems before they start. They also can help find problems early, when your chances for treatment and cure are better. By getting the right health services, screenings, and treatments, you are taking steps that help your chances for living a longer, healthier life. Your age, health and family history, lifestyle choices (i.e. what you eat, how active you are, whether you smoke), and other important factors that impact what and how often you need healthcare.” An annual physical exam is recommended for children and adults. Dr. Carlos Pérez, family doctor affiliated with the Kendall Regional Medical Center, explains that “in the case of children and adolescents, it is very important to determine the normal progression of age-appropriate development. Cardiac malformations, neurological disorders, orthopedic problems, vision or speech irregularities and a multitude of other things can be treated successfully if they are caught early on by a health professional.” With regards to adults, Dr. Pérez adds that the American Medical Association points out several reasons why it is important that an annual medical exam be performed. One of the reasons are the routine exams or screenings. Routine screenings, such as cholesterol and diabetes tests, pap smears and breast exams, can detect signs of diseases at their earliest and most treatable stages. The markers of prescribed screenings, such as blood or urine tests, or just body weight, are another good reason that deserves an annual medical check-up. These markers clearly show the doctor if there have been changes in the patient’s condition. The yearly visit to the doctor is a valuable opportunity to ask him/her general questions, or to point out specific aspects about one’s health that could be improved, how to quit a harmful habit, or to ask for a referral to visit other health professionals. An additional reason to have an annual medical exam is to maintain one’s medical history up-to-date. A clear and complete medical record can help detect hereditary problems. Saya berjanji akan rutin melakukan MCU tiap tahun. Wis tuwo Met puasa ya teman-teman, semoga puasanya lancar, begitu juga ibadahnya. Maaf lahir batin.

5 comments:

johan said...

cui, pertama kali sistem outsourcing diterapkan di jaman megawati dan pdip berkuasa

investasi said...

iya juga sih ..

bisnis said...

bermanfaat sekali ..

lowongan kerja said...

jagalah kesehatan selalu

aaaaaa said...

http://www.ju.edu.jo/home.aspx
Jordan University
[url]http://www.ju.edu.jo[/url]